Ciri Ciri Masa Subur, Inilah yang Di Rasakan Tubuh Wanita di Masa Subur

Ciri Ciri Masa Subur, Inilah yang Di Rasakan Tubuh Wanita di Masa Subur

Ciri Ciri Masa Subur, Inilah yang Di Rasakan Tubuh Wanita di Masa Subur – Masa subur atau disebut masa ovulasi adalah saat dimana sel telur wanita siap untuk dibuahi. Jika terjadi pertemuan antara sel sperma pria dan sel telur wanita di masa subur ini, maka peluang kehamilan pun akan semakin besar. Apabila Anda wanita yang saat ini merencanakan untuk hamil, maka anda harus tahu masa subur Anda tiba pada tanggal berapa. Masa subur pun ditandai dengan beberapa perubahan pada tubuh wanita.

Yuk simak ciri ciri masa subur yang dirasakan oleh tubuh wanita berikut ini!

7 Ciri Ciri Masa Subur pada Wanita

Pertama, Vagina Mengeluarkan Cairan

Mendekati ovulasi, tubuh menghasilkan lebih banyak estrogen. Hal ini menyebabkan vagina mengeluarkan cairan bening seperti putih telur. Ini bukan keputihan, tapi cairan untuk mempermudah sperma masuk ke rahim.

Kedua, Indra Penciuman Lebih Tajam

Bagi sebagian wanita, saat memasuki masa subur tubuhnya jadi lebih sensitif, terutama di indra penciuman.

Ketiga, Payudara Terasa Nyeri

Tanda masa subur juga bisa dirasakan saat payudara terasa nyeri. Terutama jika nyerinya datang setelah masa haid selesai.

Keempat, Meningkatnya Gairah Seks

Beberapa wanita saat ovulasi mengalami dorongan seks yang meningkat. Ini menunjukkan mereka sudah siap bereproduksi.

Kelima, Keluarnya Bercak Kecokelatan

Munculnya bercak kecokelatan selama ovulasi adalah hal normal atau umum. Gejala ovulasi ini dapat terjadi ketika folikel yang mengelilingi dan melindungi oosit berkembang. Atau, saat telur matang, tumbuh, kemudian pecah akan menghasilkan sejumlah kecil perdarahan.

Keenam, Nyeri Ringan Di Bagian Panggul Atau Perut Bagian Bawah

Beberapa wanita yang sedang berada di masa subur biasanya merasakan sakit ringan atau nyeri di perut bagian bawah, bisa kiri maupun kanan. Dalam istilah medis ini disebut Mittelschmerz. Kondisi ini dapat berlangsung kapan saja tetapi durasinya tidak lama, hanya beberapa menit atau jam.

Selain itu, ada juga wanita yang mengalami pendarahan vagina ringan, keluarnya cairan, atau mual yang bersamaan dengan rasa sakit saat ovulasi. Namun, ini hanya terjadi sebentar dan tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi, jika nyeri yang dirasa terlalu berat, segera cek ke dokter ya, Ladies.

Ketujuh, Perubahan serviks

Selama ovulasi, serviks akan lebih terbuka. Vagina pun akan teraba lebih lembut dari biasanya. Ini bisa jadi tanda bahwa wanita sedang berada di masa suburnya.

Itulah ciri ciri masa subur telah tiba, lakukan hubungan seksual di masa masa ini maka Anda akan segera hamil. Demikian semoga bermanfaat.

Comments are closed.